“FIRMAN TUHAN BERGEMA” (Komunitas yang mengerjakan iman, mengusahakan kasih dan bertekun dalam pengharapan)

—- No.: 21/05/XX/2019 | Minggu, 26 Mei 2019 | I Tesalonika 1:2-10 —-

Ada beberapa hal yang dapat dipelajari dan diteladankan dari jemaat di Tesalonika, yaitu:

1. Pekerjaan Iman

Pekerjaan iman di sini berarti perbuatan (pekerjaan) yang terpancar dari iman atau dilakukan karena iman. Dari kesaksian hidup dan apa yang mereka lakukan menunjukkan bagaimana jemaat Tesalonika beriman (ayat 8). Tindakan-tindakan praktis keseharian mereka berhasil membawa firman Tuhan bergema di wilayah Makedonia dan Akhaya dan semua tempat. Hal ini menunjukkan bagaimana mereka mempunyai iman kepada Allah, buah dari pertobatan mereka (ayat 9). Ada perbedaan besar sebelum dan sesudah mereka menjadi orang yang percaya Kristus. Terlebih lagi mengingat bahwa keadaan mereka pada saat itu sedang mengalami penindasan dan tekanan yang berat (lih. Kisah Para Rasul 17:1-10). Keadaan yang sulit tidak menghalangi pekerjaan iman bergema karena Roh Kudus memampukan mereka (ayat 5).

2. Usaha Kasih

Iman jemaat Tesalonika tidak hanya tertuju kepada Allah saja tetapi juga kepada sesama. Kasih Kristus yang telah diterima tidak berhenti pada diri sendiri tetapi kasih itu diupayakan kepada sesama. Dalam penindasan dan kesulitan sebenarnya mereka sangat berharap mendapatkan kasih dan perhatian dari sesama namun demikian mereka justru menyalurkan kasih yang mereka miliki. Usaha-usaha untuk menyampaikan, memberitakan dan membagikan berkat kepada sesama didorong dari kasih Kristus yang telah mereka terima, yang terlebih dahulu sudah memberkati mereka. Saatnya mereka membagikan kasih Kristus kepada sesama. Usaha yang terus menerus dan tidak berhenti membuahkan hasil firman yang bergema ke banyak tempat.

3. Tekun Dalam Pengharapan

Hidup dalam pengharapan dapat berarti melihat hal yang tidak dapat dilihat mata jasmani tetapi dapat dilihat oleh mata iman karena percaya akan Firman yang dikatakan di dalam Alkitab. Walaupun terkadang yang dikatakan dan dijanjikan Firman Tuhan itu belum terjadi tetapi mereka percaya bahwa semua hal yang dikatakan dalam Alkitab pasti terjadi. Hidup berpengharapan ini tidak hanya sesaat tetapi terus menerus. Di sinilah diperlukan ketekunan dalam pengharapan. Tekun dalam segala situasi, baik itu penderitaan dan kesukaran tetapi menjalaninya dengan kekuatan dari Tuhan. Melihat jemaat Tesalonika bertekun dalam pengharapan melihat bagaimana firman Tuhan bergema.

Keterbatasan dan kesukaran bukan menjadi penghalang untuk Firman Tuhan bergema. Lakukan segala sesuatu seperti yang telah diteladankan Kristus maka firman Tuhan akan senantiasa bergema ke seluruh daerah.

Amin.

Disarikan dari bahan bulan Misi PIPKA

 

share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *