“MENGAPA YESUS HARUS DISALIB?”

—- No.: 12/3/XXIII/2022 | Minggu, 20 Maret 2022 | Yohanes 19:17-18 —

Sebagai orang percaya ada hal penting yang harus kita ketahui tentang Salib Yesus. Yang kita maksud di sini bahwa Salib dan Yesus tidak kita pisahkan tetapi satu kesatuan. Dalam Alkitab, Salib Yesus merupakan sentral pemberitaan baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru; dan isi dari berita Salib Yesus itu adalah dalam rangka penyelamatan manusia pada umumnya, dan bagi orang-orang Kristen khususnya. Itulah setidaknya salah satu jawaban dari pertanyaan “Mengapakah Yesus Harus Disalib”. Masih banyak jawaban-jawaban lain atas pertanyaan itu, namun dalam kesempatan ini akan diangkat beberapa tentang makna Salib Kristus:

1. Salib Melambangkan Kutuk (Ulangan 21:23)

Roma 3:23, bahwa semua orang telah berbuat dosa, tanpa terkecuali kita juga adalah orang-orang berdosa yang terkutuk oleh Allah dan layak mendapatkan hukuman gantung (salib). Yesus yang menanggung dosa kita, maka Dia harus disalib. Apa yang dapat kita kembalikan kepada Allah Bapa, minimal kita selalu mengucap syukur atas karya Allah ini.

2. Tebusan Pengganti (Yohanes 1:29, Markus 10:45, Matius 20:28)

Tuhan Yesus “Anak Domba Allah yang menghapus dosa dunia” sebagai korban selamat sekali untuk selama-lamanya (Yohanes 1:29). Tuhan Yesus memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang. Sebagai tebusan pengganti harus memenuhi syarat: Pertama, nilainya harus sama. Yang berdosa adalah manusia–maka sebagai pengganti adalah manusia.  Yesus adalah manusia, Ia memiliki nilai yang sama dengan manusia yang ditebus. Kedua, karena yang ditebus adalah orang berdosa, maka sebagai penebus/pengganti adalah yang tidak berdosa. Yang tidak berdosa adalah Allah, dan Yesus adalah Allah. Ia tidak berdosa dan memenuhi syarat sebagai tebusan pengganti.

3. Salib Kristus untuk mengesahkan bahwa Yesus Kristus adalah Raja, Imam dan Nabi (Yohanes 19:17-18)

Pertama, Yesus sebagai Raja (Yohanes 19:17-18), maka kita harus berbakti kepada-Nya, Kedua, Yesus sebagai Imam besar, kita harus berdoa dalam nama Dia (Band. Matius 27:51), Ketiga, Yesus sebagai nabi yang berfirman, kita harus mendengar Dia (disalib pun Ia berfirman)

4. Salib Sebagai Jalan Masuk Untuk Hidup Baru (Roma 6:3-8)

Salib merupakan jalan masuk untuk hidup baru melalui baptisan. Melalui baptisan itu manusia lama kita telah turut disalibkan (dimatikan), dan kemudian kita hidup bersama dengan Kristus.

5. Salib Memberikan Hidup Umat Berkemenangan

Pertama, menang terhadap kuasa Iblis (Kolose 2:15)

Kedua, menang terhadap dosa (1 Korintus 15:57).

Kiranya kita dapat menghidupi karya salib Kristus dalam setiap kehidupan. Selamat menghayati masa Pra Paskah. Tuhan memberkati.

Oleh: Pdt. Sugi

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *