“TUHAN TAHU YANG TERBAIK”

— No.: 48/11/XXIV/2023 | Minggu, 26 November 2023| Bahan: Keluaran 13:17-22 —

Kita hanya bisa mengetahui hal-hal yang telah terjadi, tetapi Tuhan mengetahui segala yang akan terjadi, bahkan Tuhan menata segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi kita untuk kemuliaan-Nya.

Bangsa Israel yang menjadi budak di Mesir selama ratusan tahun berseru kepada Tuhan, Allah Abraham, Ishak dan Yakub, memohon kelepasan dari penderitaan mereka. Tuhan menjawab doa mereka dan dengan kuasa-Nya yang ajaib, pada sekitar tahun 1.500 SM,  Tuhan membawa bangsa Israel menempati tanah Kanaan yang disediakan Tuhan untuk bangsa Israel.

Untuk menuju Kanaan, Tuhan memimpin mereka melalui jalan yang berbeda dari jalur yang biasa digunakan umum untuk berbisnis. Orang pada umumnya berjalan dari Kairo, Mesir ke Utara melewati negri Filistin.

Tapi Tuhan menuntun Israel melalui jalur selatan menuju ke laut Teberau, menghindari Filistin. Mengapa harus lebih jauh, lebih lama dan …lebih berbahaya?

Tuhan tahu rute terbaik untuk bangsa Israel karena Tuhan mengenal Israel dan ingin melakukan yang terbaik untuk Israel. Ia menghindarkan mereka dari bangsa Filistin yang jago perang, dan mendekatkan mereka dengan Tuhan melalui penyeberangan di laut Teberau.

Hasilnya, bangsa Israel yang hanya mengenal Tuhan dari cerita nenek moyang mereka, menjadi mengenal dan mengalami kasih dan kuasa  Tuhan secara pribadi.

Tuntunan Tuhan kadang membuat kita bertanya-tanya karena terlihat aneh, lambat, membahayakan. Namun sebenarnya, Tuhan sedang melakukan yang terbaik untuk kita.  Bagian kita adalah terus mengenal dan taat pada Tuhan Yesus yang sangat mengasihi kita. Amin.

Oleh: Pdt. Em. Yeanny M.S.

share

Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *