“IKUT TUHAN SEPANJANG JALAN”

—- No.: 18/4/XXIV/2023 | Minggu, 30 April 2023 | Bahan: Kisah Para Rasul 19:13 —

Perjalanan pelayanan rasul Paulus menjadi suatu pelajaran berarti bagi pelayanan kita di masa kini. Ia mengubah pelayanannya dari pelayanan masyarakat umum ke ruang Tiranus. Pastinya orang yang belajar di ruang Tiranus tidak sebanyak dengan orang-orang yang dapat dijumpai rasul Paulus sebelumnya. Tapi inilah pelayan, apa yang menjadi kehendak Tuhan, itulah yang harus kita lakukan. Paulus tidak terjebak pada kisah sukses pelayanan tetapi ia berfokus bagaimana ia dapat melayani secara efektif.

Dari ruang Tiranus, ternyata Tuhan memakai pelayanan Paulus. Sapu tangan Paulus yang ajaib, yang dapat menyembuhkan orang sakit dan mengusir roh jahat membuat banyak orang terkesima dan mengambil keputusan untuk mengikut Yesus. Ini adalah strategi yang diizinkan/diperkenan Tuhan. Apa yang tidak pernah dipikirkan rasul Paulus, itulah yang disediakan/dibukakan Tuhan.

Berita “keajaiban” rasul Paulus dengan pengusiran setan membuat beberapa orang jampi Yahudi ingin meniru/mempunyai kuasa yang sama dengan Paulus. Mereka mencoba mengusir orang yang kerasukan roh jahat dengan menyebut nama Yesus yang diberitakan Paulus. Kedengaran agak aneh, tapi itulah kenyataan. Sekaligus ini adalah cerminan kejujuran dari tukang jampi. Mereka hanya ingin mengusir roh jahat. Mereka tidak berdaya dan tidak percaya kepada Kristus.

Benar, bahwa tukang jampi itu melakukan pengusiran roh jahat dengan meminjam kuasa rasul Paulus. Di sisi yang berbeda, kita bisa melihat bagaimana tukang jampi-jampi tidak percaya kepada Kristus. Ironis memang, mereka hanya mau meminjam kuasa Yesus. Mereka hanya mau kuasa Tuhan Yesus tetapi tidak mau mempercayai Tuhan Yesus dan tidak bersedia berada di bawah otoritas. Mencoba memilah-milah Tuhan Yesus. Apa yang dianggap baik, akan diambil. Tetapi yang dianggap tidak baik bagi dirinya pribadi akan dibuangnya. Seharusnya, bila mau kuasa Tuhan Yesus maka seharusnya tunduk pada otoritas dari Tuhan Yesus. Inilah paket lengkap yang tidak dapat dibagi. Kita bisa saja menghadapi hal-hal rumit dan menantang dalam pelayanan kita. Apapun itu, tetaplah mengikut Tuhan sepanjang masa. Amin.

Oleh: Pdt. Eddy SS

share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *